Saturday, February 27, 2016

for teacher


For teacher...
Ketika kau di hadapkan dg murid kelas akhir, apa yg sudah ada di benakmu? Apa tujuan mu ketika masuk? Ketika berbicara tak di dengar, ketika ada tapi tak terlihat, ketika menasihati tak kunjung sadar,...
Berharap dan bertujuan agar anak mendapat nilai 99? Mengikuti apa yg kamu mau? Yakin mereka robot? Apakah mereka malaikat, yg terus mengikuti apa kata tuhan?
Memang itulah mereka, itulah manusia, ketika baik, bisa lebih baik dari malaikat dan ketika buruk bisa lebih buruk dari hewan yg paling buruk atau segala sesuatu yg buruk.
Pernah pernah suatu hari ada seorang guru dan kita adakan rapat terbatas dg guru itu hanya sekedar share, apa yg dia harapkan dari seorang murid yg duduk di bangku pojokan ( kelas paling terakhir) kata kata itu yg membuat mata hitamku ini terbuka, " ketika kita berhadapan dg siswa kelas akhir apalagi sy sebagai wali kelasnya, sy tak berharap banyak dr mereka, menjadi juara umum? Mimpi kali? Bukan itu yg sy lebih harapkan kalau itu sudah pasti tujuan dari semua guru akan tetapi untuk mereka paling tidak akhlak dan tingkah lakunya wajar dan bagus, kenapa? Karena sy sadar yg ada makan hati terus kalau seperti itu terus, menuntut anak untuk belajar setiap hari, memarahi mereka ketika tak bisa, karena sy yakin setiap orang mempunyai kelebihan masing2, mubgkin dalam pelajaran mereka tidak mampu tapi di hal lain pasti mereka mempunyai kelebihan, karena sy yakin tak ada manusia yg benar 100% dan tak ada manusia yg salah 100%, di dalam hati orang yg bersalah pasti ada rasa untuk berubah, dan orang yg benar pun tak bisa kita pungkiri mereka pernah melakukan kesalahan. Thanks semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment